19.4 C
Indonesia
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kota Batam Melakukan Normalisasi Drainase

Batam, Rajawalimedia.net Sampah di buang tidak pada tempatnya akan menimbulkan banjir. Dalam Ini yang jadi penyebab sering terjadi banjir di Kecamatan Batu Aji, pihak Dinas Kebersihan selalu menantau lokasi yang kerap kali banjir pada minggu (24/01/21), 14:00 Wib di datangi oleh pihak Kecamatan untuk melihat.

Tumpukan sampah yang ada di Batu Aji sekitarnya dan sekaligus meninjau tempat pengerukan dari salah satu drainase di Batu Aji. Kecamatan Batu Aji melalui Dinas Bina Marga dan Sumber daya air Kota Batam, terus melakukan normalisasi drainase.

Kondisi sampah yang kebanyakan plastik dan botol kemasan bekas di dalam drainase,  menjadikan aliran air tidak berjalan normal. Imbasnya tiap datang hujan, air akan meluap hingga menggenangi Jalan R. Suprapto Batu Aji dan Sagulung.

Iklan pimmum

“Botol minuman dan plastik menjadi sampah utama di dalam drainase,” ucap Neng seorang petugas operator alat berat dari Bina Marga.

“Sudah banyak sampah yang ia keluarkan dari dalam drainase. Dalam sehari pihak kami dapat mengeluarkan tiga dump truk sampah dari drainase,” ungkap Neng pada Minggu(24/1/21).

“Sepengetahuan dari warga Batu Aji sebaliknya normalisasi di kawasan Batu Aji sudah sering dilakukan. Namun tetap saja sampah menumpuk di dalam drainase hingga mengahambat saluran air,” kata Neng.

Baca juga : SPBU No. 54.601.21 Balongsari surabaya Meledak dan Terbakar

“Tong sampah kita tidak pernah di ambil oleh pihak kebersihan dari Kecamatan setiap hari cuma di tumpuh selama 1 minggu lalu di ambil akhirnya sampah-sampah berhamburan di bawah angin Dan air Hujan,” ungkap Neng.

“Di sayangkan drainase sering di bersihkan, tapi tetap saja banyak sampah, kita pun tidak tahu dari mana saja sampah ini berdatangan,” Jelas Neng.

“Untuk menormalilasi soal banjir lebih lanjut terus dilakukan sampai semua drainase benar benar berfungsi dengan baik. Pengorekan ini pun di lajutkan atas usulan dari Kecamatan Batu Aji.
Di usulkan untuk di normalkan saluran air yang ada sampahnya, pihak kami segera langsung turun ke lapangan,” jelas Neng

“Normalisasi ini sudah berjalan empat hari untuk itu harus selalu di bersihkan bak sampah Dan saluran airnya supaya terjadi langganan banjir,” kata Neng

Hasil pantauan dari pihak Kecamatan Batu Aji di pinggiran jalan R Suprapto jadi langganan banjir. Air tersebut meluap dari dalam drainase karena air tersumbat di sana tidak bisa mengalir, karena oleh itu sampah yang ada di drainase segera di bersihkan dan parit yang besar segera di bersihkan sampah juga, Saat musim hujan kemarin, debit air terlalu besar. Lalu, di dalam drainase banyak sampah, inilah menjadi penyebab utama banjir,” kata Bekson dari warga Batu Aji


Bacaan lain :

Ketua DPD RI: Sistem Kesehatan Indonesia Harus Diperbaiki

Memilih Direksi Dan Dewas BPJS Yang Profesional

Wakapolda dan Bhayangkari Berangkatkan 25.165 Ribu Paket Sembako ke Korban Banjir dan Gempa Bumi


“Jika normalisasi tidak di lakukan dengan rutin, maka potensi banjir di Batu Aji akan sangat tinggi. Untuk itu, kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan supaya tidak buang sampah di sembarang tempat,” menurut Beskon

“Saya lihat, banyak warga yang sepele. Mereka membuang satu botol minuman dan mengira tidak akan berpengaruh terhadap lingkungan, ternyata itu sangat berpotensi menyebabkan banjir,” ungkap Beskon. ( Jf.Btm )

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,234FansLike
1,345FollowersFollow
3,234FollowersFollow
2,234FollowersFollow
2,000SubscribersSubscribe
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!