22.4 C
Indonesia
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Desa Lumutan Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2022

Bondowoso, Rajawalimedia.net – Desa Lumutan Kecamatan Botolinggo Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2022. Kegiatan Musrenbang bertempat di Balai Desa Lumutan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Kegiatan tersebut dihadiri Sekcam Botolinggo beserta Staf, Kapospol Botolinggo, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Jajaran Dinas terkait, Kepala Desa Lumutan beserta Jajaran Perangkat Desa, Pendamping Kecamatan, Pendamping Desa Tehnik Infrastruktur , BPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. (Jumat, 22/1/21).

Misjono dalam sambutannya mengatakan bahwa, Musrenbangdes merupakan pondasi awal dalam perencanaan pengelolaan Dana Desa agar efektif dan efisien.
Sesuai dengan amanah Untuk tahun 2021 Pemerintah Desa Fokus pada penyaluran BLT DD dampak Covid-19 selama 12 Bulan sebesar Rp 300.000/Bulan, serta Pemberdayaan untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

Peserta acara Musrenbangdes Desa Lumutan Bondowoso
Peserta acara Musrenbangdes Desa Lumutan Bondowoso

” Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa “, ujar Kades Lumutan.

Deni Dwi Prihandoko mengatakan bahwa ” berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutahirkan, program prioritas, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa “, Tegas Sekcam Botolinggo.

Baca juga : Ajak Masyarakat Untuk Selalu Menggunakan Masker, Polresta Sidoarjo Memasang Spanduk

Kapospol Botolinggo Ipda Hadi Sugono dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada masyarakat dimasa pandemi covid-19, tetap mematuhi prokes kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dan tidak melaksanakan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan massa apalagi skala besar.

“Satgas Covid-19 Kecamatan Botolinggo akan terus melaksanakan kegiatan operasi yustisi untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19, dengan demikian diperlukan peran serta para tokoh memberikan edukasi kepada masyarakat tetap mematuhi prokes, sambil lalu menunggu Vaksin Covid-19 yang akan segera disalurkan oleh Pemerintah”, Jelas Ipda Hadi Sugono. ( RS )

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,234FansLike
1,345FollowersFollow
3,234FollowersFollow
2,234FollowersFollow
2,000SubscribersSubscribe
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!