24.4 C
Indonesia
Tuesday, February 27, 2024
spot_img

Jangan Digaruk, Ini Cara Tepat Mengobati Gigitan Tomcat.

JAKARTA,Rajawalimedia.netBaru-baru ini pebasket Indonesia Brandon Jawato curhat ‘digigit’ serangga jenis tomcat saat menginap di perkampungan atlet SEA Games 2023, tepatnya di Phnom Penh, Kamboja. Ada beberapa cara mengobati gigitan tomcat dengan mudah.
Tomcat atau semut semai adalah serangga sejenis kumbang yang dikenal beracun. Meski berukuran kecil, serangan dari tomcat bisa membuat iritasi kulit cukup parah.

Tak seperti serangga lain yang umumnya hanya menimbulkan bentol di kulit, gejala awal terkena racun tomcat dapat berisiko menyebabkan dermatitis kontak.

Tak hanya di Kamboja, tomcat juga banyak berkeliaran di wilayah Indonesia. Tomcat biasanya hidup di dekat saluran drainase dan aliran air. Selama hujan lebat atau banjir, tomcat dapat dengan mudah bermigrasi ke tempat yang lebih kering.

Seseorang yang terkena gigitan tomcat umumnya akan muncul gejala seperti ruam kulit, gatal, panas, dan melepuh yang berisi air atau nanah.

Untuk mengobati gigitannya juga tidak boleh sembarangan. Apabila cara yang dilakukan salah, akan memperburuk kondisi kulit yang terkena racun tomcat. Lantas bagaimana cara mengobati gigitan tomcat yang benar?

Melansir berbagai sumber, berikut caranya.

1. Cuci bagian yang digigit dengan sabun
Setelah digigit tomcat, segera basuh bagian tubuh yang tersengat dengan air bersih atau hangat dan sabun. Hal ini disebabkan karena racun tomcat akan cepat menembus kulit, sehingga orang yang terkena gigitannya harus sesegera mungkin mencuci bagian tubuh yang digigit.

Hindari menggosok terlalu keras karena bisa menyebabkan kulit menjadi luka dan iritasi yang meradang. Hindari juga menggunakan pakaian yang sama setelah digigit oleh tomcat.

2. Kompres dengan air dingin

Setelah membersihkan kulit yang digigit, kompreslah area tersebut dengan air dingin. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan sensasi rasa terbakar akibat gigitan tomcat.

3. Kompres cairan antiseptik
Apabila terlanjur terkena paparan racun tomcat pada kulit, Anda bisa mengompres kulit dengan cairan antiseptik.

4. Tidak menggaruk
Usahakan jangan memecahkan benjolan yang muncul akibat gigitan tomcat. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari peradangan pada kulit yang tidak terinfeksi.

5. Gunakan pelembap
Setelah area yang digigit dibersihkan dan dikompres, segera gunakan pelembap atau soothing cream yang mengandung kalamin, kapur barus, dan anestesi topikal untuk meredakan nyeri dan gatal akibat gigitan tomcat.

6. Minta bantuan dokter
Sambil mengompres kulit yang terkena racun tomcat dengan antiseptik, segera bawa diri Anda ke dokter di fasilitas kesehatan terdekat sebelum racun dari gigitan tomcat meluas ke area tubuh lain.

( dilansir dari CNN Indonesia/Red)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,234FansLike
1,345FollowersFollow
3,234FollowersFollow
2,234FollowersFollow
2,000SubscribersSubscribe
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!