20.4 C
Indonesia
Monday, July 15, 2024
spot_img

LDKS SMAN 3 Danramil Trawas Bekali Materi Kepemimpinan Efektif

Mojokerto, Rajawalimedia.net – Koramil 0815/17 Trawas Kodim 0815/Mojokerto sebagai satuan kewilayahan turut andil dalam pendidikan karakter bagi generasi muda melalui kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan (Binwasbang) dan Program Babinsa Masuk Sekolah.

Seperti kali ini Danramil 0815/17 Trawas Kapten Cba Kurniawan Junaedi yang diwakili Sertu Kuswanto memberikan pembekalan pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Mojokerto, yang berlangsung di Hall A New Start Hotel, Dusun Slepi, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (25/09/2023).

Dihadapan puluhan siswa-siswi SMAN 3 Kota Mojokerto Sertu Kuswanto menjelaskan materi bertajuk Kepemimpinan Efektif. Dijelaskannya bahwa setiap orang adalah pemimpin setidaknya bagi diri sendiri. Pemimpin ideal adalah aktif, inovatif dan berusaha mewujudkannya.

“Pemimpin diri sendiri adalah mampu mengelola waktu, kesehatan dan motivasi dan pemimpin orang lain adalah mengelola orang lain untuk mampu berpikir dan bertindak,” jelasnya.

Lebih lanjut Sertu Kuswanto yang sehari-hari menjabat Babinsa Penanggungan, membeberkan definisi Pemimpin dan Kepemimpinan. Pemimpin Struktural adalah orang yang dipilih diseleksi dan dibayar serta memiliki tanggung jawab dan otoritas untuk mengelola sumber daya tertentu demi mencapai tujuan yang dibebankan kepadanya.

Sedangkan Pemimpin Relasional, sambungnya, adalah orang yang aktif terlibat dalam tim, memiliki ide-ide inovatif dan memiliki inisiatif untuk membuat perubahan positif. “Tidak semua orang punya kesempatan menjadi pemimpin struktural tetapi semua orang dapat menjadi pemimpin relasional”, bebernya.

Tidak sebatas itu, Babinsa yang merupakan Tim Wasbang Koramil Trawas ini, juga menjelaskan Komponen pembentuk pemimpin relasional, Sifat kepemimpinan yang efektif menurut Ki Hajar Dewantara, 11 Azas Kepemimpinan, sifat-sifat pemimpin yang baik, hal-hal yang menentukan Kepemimpinan, dua hal prinsip dasar Kepemimpinan efektif, model pengambilan keputusan dan karakteristik yang harus dimiliki pemimpin efektif.

Turut mendampingi pada kegiatan LDKS tersebut Wakasek Kesiswaan SMAN 3 Kota Mojokerto Isno, M.Pd.I., para guru pendamping SMAN 3 Kota Mojokerto.

(pendim/man)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,234FansLike
1,345FollowersFollow
3,234FollowersFollow
2,234FollowersFollow
2,000SubscribersSubscribe
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!