25.4 C
Indonesia
Tuesday, February 27, 2024
spot_img

Umbi Ajaib Penakluk Segala Macam Penyakit

Mojokerto, Rajawalimedia.net – Senin (25/1/21). Bawang sabrang dikenal juga dengan sebutan bawang dayak. Bawang yang berasal dari Amerika tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Selama ini, bawang dayak hanya digunakan sebagai bumbu dapur. Bawang dayak kerap dimanfaatkan sebagai obat herbal oleh masyarakat Indonesia, khususnya di Kalimatan. Dilansir dari laman HelloSehat, bawang dayak efektif mengobati berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, sembelit, batu ginjal, dan troke. Penamaan bawang dayak berasal dari suku asli Kalimantan, suku dayak.
Sejak dulu, orang-orang Kalimantan telah membudidayakan bawang dayak sebagai obat alami. Bawag dayak banyak dijadikan olahan acar, manisan, dan campuran minuman herbal.

Iklan pimmum

Baca juga : Ajak Masyarakat Untuk Selalu Menggunakan Masker, Polresta Sidoarjo Memasang Spanduk

Bawang dayak memiliki zat alami seperti alkaloid, steroid, flavonoid, glikosida, tannin, dan felonik yang berkhasiat untuk kesehatan. Jika diperhatikan secara sekilas, bawang dayak tidak berbeda jauh dengan bawang merah pada umumnya.
Perbedaan antara bawang dayak dengan bawang merah adalah segi bentuknya yang terlihat lebih lonjong dibandingkan bawang merah.Rajawalimedia.net telah merangkum dari berbagai sumber, senin (25/1/2020), manfaat bawang dayak untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mengatasi Infeksi
Bawang dayak memiliki antioksidan yang bekerja efektif untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Sifat antioksidan dalam bawang dayak dipercaya mampu menghambat dan mematikan pertumbuhan virus, bakteri, dan jamur penyebab penyakit.
Bawang dayak ampuh dalam melawan bakteri Staphylococcus aureus (MRSA), B. cereus, Shigella sp., dan P. aeruginosa. Bawang dayak juga memiliki sifat antimikroba yang berguna menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit Anda.

2. Antiaging
Bawang dayak memiliki sifat antioksidan. Kandungan dalam bawang dayak seperti flavonoid, fenolat, dan tannin membantu membasmi radikal bebas yang ada di dalam tubuh Anda. Radikal bebas dapat merusak sel dan penyebab penuaan dini pada diri Anda. Sifat antiaging yang ada di dalam bawang dayak dimanfaatkan sebagai campuran krim kulit. Krim kulit yang menggunakan bawang dayak sebagai bahan campurannya memiliki potensi antioksidan yang tinggi. Bawang dayak mampu mencerahkan wajah dan mencegah timbulnya bintik hitam pada wajah Anda.

3. Mengontrol Kadar Kolesterol
Jika Anda memiliki kolesterol darah yang tinggi, memiliki risiko penyakit jantung dan stroke, mengonsumsi bawang dayak bisa menjadi opsi obat herbal.Bawang dayak memiliki khasiat sebagai penurun kolesterol (LDL).

4. Antikanker
Bawang dayak mampu menjadi agen antikanker. Bawang dayak memiliki kandungan naphtokuinones. Kandungan naphtokuinones di dalam bawang dayak mampu bekerja menurunkan aktivitas dari sel Cyclin-E.
Dengan menurunnya aktivitas dari sel Cyclin-E dapat menghancurkan sel-sel kanker di tubuh dengan mengonsumsi bawang dayak.

5. Mengobati Batu Ginjal
Manfaat selanjutnya dari bawang dayak adalah menjadi salah satu obat alami penyakit batu ginjal. Bawang dayak memiliki sifat diuretik yang berguna mengatasi penyakit batu ginjal.
Bawang dayak dipercaya mampu menurunkan pH urine dan menurunkan kadar kalsium di tubuh Anda. Sifat diuretik pada bawang dayak dipercaya membantu proses pengahancuran batu ginjal dan mengeluarkan batu ginjal bersama dengan proses pembuangan urine.

6. Mencegah Gangguan Kesehatan Jantung
Bawang dayak mampu mengobati gangguan pada jantung Anda. Bawang dayak juga dipercaya mampu mengobati penyakit serius seperti jantung koroner.
Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah jantung (arteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak. Kandungan felonik yang ada di dalam bawang dayak efektif mampu mencegah penyakit jantung koroner.Penyakit jantung koroner telah merenggut jutaan nyawa di berbagai belahan dunia. (Mfr)

Baca lainnya : Badan Pusat Statistik (BPS) Rl Tentang Hasil Sensus Penduduk Tahun 2020

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,234FansLike
1,345FollowersFollow
3,234FollowersFollow
2,234FollowersFollow
2,000SubscribersSubscribe
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!