22.4 C
Indonesia
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Sejarah Candi Belahan Ngoro Japanan, Terkenal Sebutan Sumber Tetek

Sejarah Candi Belahan Ngoro Japanan, Terkenal Sebutan Sumber Tetek

Pasuruan, Rajawalimedia.net – Kamis (25/3/21) Candi Belahan atau yang lebih di kenal dengan Sumber Tetek, asal usul cerita rakyat dari Pasuruan Jawa Timur. Candi yang terbelah jadi 2 menyerupai tetek yang keluar mata air. Konon dari cerita Kahuripan dan Jenggolo. Untuk yang Candi Jenggolo ada di wilayah Sidoarjo tapi hilang tidak berbekas.

Sedangkan sejarah peninggalan raja Kahuripan Airlangga yang habis lari dari Bali. Patung yang ada di Sumber Tetek adalah patung Dewi Sri dan patung Dewi Lasmi yang keduanya di ibarat kan permaisuri yang di temukan tahun 1009.

Berita Pasuruan : Hotel Horison Pasuruan, Tingkatkan Pelayanan di Masa Pandemi

Kolam Sumber Tetek buka 24 jam, dan biasa di lakukan untuk ritual yang konon bisa untuk penyembuhan penyakit juga bisa untuk ritual kecantikan tergantung kepercayaan orang masing masing yang datang.

” Harapan dari pengelola pemerintah segera melakukan perbaikan jalan menuju lokasi pemandian karena sarana menuju lokasi ke kolam pemandian rusak berat juga ingin di bangunkan kolam mandi umum.” ujar Sutrisno juru perawatan.

Yang di larang mandi di kolam Sumber Tetek adalah anak anak dan umum karena akan ganggu ritual. Di sini tidak di pungut biaya tiket masuk karena belum ada perda.” Tutupnya ( Tri/toro)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,234FansLike
1,345FollowersFollow
3,234FollowersFollow
2,234FollowersFollow
2,000SubscribersSubscribe
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!