25.4 C
Indonesia
Tuesday, February 27, 2024
spot_img

Matra ( Masyarakat Adat Nusantara ) Wilayah Eks Karesidenan Surabaya Secara Sah Terbentuk

Surabaya, Rajawalimedia.net – Surat Keputusan DEWAN Pengurus Pusat Masyarakat Adat Nusantara (DPP MATRA) Jakarta, berdasarkan Nomor : 01/SK/DPP/MATRA/II/2021 yang terbit tanggal 1 februari 2021 untuk Dewan Pengurus Wilayah Surabaya dinyatakan secara sah berdiri.

Ketua DPP Matra KPH. SP. Rheindra J.Wiroyudho Alam Syah, S.T menjelaskan, “MATRA adalah perkumpulan semua masyarakat adat, baik itu raja, sultan, dan pemangku adat kemudian pemerhati adat dan budaya tergabung dalam Matra yang bertujuan mengembangkan dan melestarikan adat di seluruh Nusantara dan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun” katanya.

Iklan pimmum

Adapun susunan Kepengurusan DPW MATRA Surabaya adalah sebagai berikut : Penasehat Zahrul Azhar Asumta,S.Ip,M.Kes, Dachlan Harahap. Pengurus Harian yaitu Ketua Christian Sabilal Pussung, Wakil Ketua 1 Sonny Sewanton Saragih,S.IP, Wakil Ketua 2, H.Saifuddin Wardhana,S.Sos, Sektetaris Johan Rajaya Theanrago Mambo, Wakil Sekretaris Ronny Kristian Nataliano, Bendahara Olivia Kurniawan, S.Psi, Wakil Bendahara Ir. Langgeng Purnomo.

Peletakan batu pertama Pembangunan Padepokan Merah Putih di Surabaya sebagai Sentra Kegiatan DPW MATRA Surabaya
Peletakan batu pertama Pembangunan Padepokan Merah Putih di Surabaya sebagai Sentra Kegiatan DPW MATRA Surabaya

DPW MATRA Surabaya kegiatannya melingkupi seluruh area eks Karesidenan Surabaya yaitu Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Sidoarjo. Ketua DPW MATRA Surabaya yang kesehariannya biasa dipanggil Mas Abie sangat mengedepankan untuk mengangkat Budaya asli daerah masing masing agar karya karya budaya terus eksis ke masa depan sebagai identitas bangsa Indonesia yang besar baik dari sejarah dan untuk masa depan bangsa Merah Putih yang Berpancasila.

Baca juga : Tambang Galian C di Duga Illegal, Merajalela di Kabupaten Kediri

DPW MATRA Surabaya sudah melaksanakan pembangunan Padepokan Merah Putih sebagai bentuk apresiasi terhadap karya seni dn budaya dari adat Nuswantoro ( Nusantara ). Padepokan tersebut sebagai Sentra segala kegiatan dari DPW MATRA Surabaya. Saat ini sudah dilaksanakan peletakan batu pertama oleh Mas Abie Sebagai Ketua MATRA Surabaya sebagai pertanda awal dimulainya pembangunan Padepokan Merah Putih tersebut. Padepokan itu terletak di wilayah Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Kota SBY, Jawa Timur 60294 kompleks Cafe BICOPI ( Brillian Coklat Kopi ) Gunung Anyar Surabaya. (Oynx)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,234FansLike
1,345FollowersFollow
3,234FollowersFollow
2,234FollowersFollow
2,000SubscribersSubscribe
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img
- IKLAN -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!